jadwal

manusia diantara mahluk Allah yang lain, dan bagai mana harus bersikap

Selasa, 16 November 2010

manusia adalah mahluk paling mulia di bumi ini. karna dia diberi perasaan,akal pikiran dan nafsu.

malaikat diberi pikiran namun dia tidak diberi nafsu, sehingga dia selalu taat,sedangkan binatang dia diberi nafsu tapi tidak diberi akal pikiran. sehingga kehidupannya tidak ada aturan.

derajat manusia bisa lebih rendah dari binatang terhina didunia sekalipun,jika manusia tidak bisa mengendalikan nafsu. akal pikiran nya tidak digunakan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,sehingga dia hanya menuruti hawa nafsunya saja, dan lupa akan kewajibannya sebagai kholifah dimuka bumi ini.  namun manusia bisa lebih mulia derajat nya dari para malaikat jika dia dpat mengendalikan nafsunya, dengan pkirannya dia taumana yang baik,mana yang buruk. dan sadar kalau manusia hidup didunia hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.


Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam


Sesungguhnya semua fasilitas yang sudah tersedia di dunia secara gratus seperti tumbuhan, binatang, angin, udara, air dan apapun adalah untuk manusia. Tentunya hal tersebut dimaksudkan untuk membantu kekhalifahan manusia di bumi. Allah berkali-kali mengatakan bahwa dalam melakukan sesuatu hal, janganlah pernah melampaui batas. Artinya manusia harus bisa berlaku normal sebagaimana adanya. Allah mengatakan bahwasanya potensi-potensi alam itu tidak akan pernah habis tetapi hal tersebut berlaku apabila manusia memnafaatkan dengan sewajarnya. Namun, kejadian sekarang ini, akibat pengaruh industrialisasi, seluruh potensi alam hampir habis di serap untuk kepentingan manusia tanpa berpikir baik buruknya sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem. Sesungguhnya hal tersebut tidak harus terjadi apabila manusia taat dan patuhpada perintah Allah. Janganlah melampaui batas.


Optimalisasi alam bukanlah dengan tindakan mengeruk sebanyak-banyaknya potensi alam semesta. Akan tetapi, optimalisasi sebenarnya dimaksudkan untuk mengatur semaksimal mungkin perihal pengelolaan alam. Sehingga tidak terjadi ketidakseimbangan ekosistem. Hutan tidak akan habis hanya oleh karena alasan industrialisasi atau perluasan masalah tempat tinggal. Dengan potensi otak manusia telah diberi akal untuk berpikir bagaimana menyeimbangakan segala potensi kehidupan dan alam semesta.



Walaupun Al Quranul Karim telah memberitahu tugas dan tanggungjawab manusia di dunia ini dan diberitahu mereka yang menunaikan tanggung jawab akan masuk ke Syurga, manakala yang tidak bertanggung jawab akan ke Neraka, namun tidak semua manusia percaya berita ini serta beriman dengannya. Bahkan yang percaya dan beriman dengannya pun, karena tidak mampu melawan nafsu serta mempunyai kepentingan-kepentingan peribadi, ramai yang tidak dapat benar-benar memperhambakan diri kepada Allah dan gagal menjadi khalifah-Nya yang mentadbir dan mengurus dunia ini dengan syariat-Nya. Karena itulah Allah Taala berfirman dalam surat Saba 13 :


Artinya: “Sedikit sekali daripada hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” (Saba’: 13)



Keoptimalan peran manusia sebagai khalifah dibumi akan tercapai dengan sempurna apabila manusia dapat memanfaatkan segala pikiran hebatnya yang dianugerahkan dari Allah dengan menciptakan teknologi yang canggih dengan berdasarkan nilai-nilai keilahiyahan (sifat-sifat Allah -Asmaul Husna-) dan keislaman dengan kemampuan seni mengatur keseimbangan potensi alam dan lainnya dengan dipimpin oleh seorang khalifah yang robbani yang memerintah berdasarkan Syariat Islam.


Apabila hal-hal tersebut tidak tercapai seluruhnya maka tidak pula tercapai keoptimalisasian peran kekhalifahan manusia. Kalaupun terjadi, maka hal tersebut belum dan tidak maksimal. Jadi, pada dasarnya setiap umat manusia mengemban tugas yang maha penting untuk memerankan kekhalifhan di bumi.



Kita Sebagai makhluk yang dibekali dengan berbagai kelebihan jika dibandingan denagn makhluk lain, sudah sepatutnya manusia mensyukuri anugrah tersebut dengan berbagai cara, diantaranya dengan memaksimalkan semua potensi yang ada pada diri kita. untuk selalu beriman dan bertaqwa,yakni dengan menjalankan segala perintahny dan menjauhi segala larangannya dengan penuh kesadaran dan keihlasan. Kita juga dituntut untuk terus mengembangkan potensi tersebut dalam rangka mewujudkan tugas dan tanggung jawab manusia sebagai makhluk dan khalifah dibumi ini.

arti wanita bagi pria

Minggu, 14 November 2010

Maha suci Allah yang menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. tak terkecuali manusia ada pria dan wanita. supaya mereka saling melengkapi.

Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, dan pria lebih kuat dari wanita. namun pria akan lemah tanpa wanita.


seorang wanita tempatnya bukan di kaki untuk di pijak,dan bukan di atas kepala untuk di dewakan, tapi dibawah lengan untuk dilindungi.

Jika Tuhan memersatukan dua orang yang berlawanan jenisnya, maka itu akan menjadi saling melengkapi.
Dialah penolongmu yang sepadan, bukan lawan yang sepadan. Ketika pertandingan dimulai, dia tidak berhadapan denganmu untuk melawanmu, tetapi dia akan berada bersamamu untuk berjaga-jaga di belakang saat engkau berada di depan, atau segera mengembalikan bola ketika bola itu terlewat olehmu, dialah yang akan menutupi kekuranganmu.




Dia ada untuk melengkapi yang tak ada dalam laki-laki: perasaan, emosi, kelemahlembutan, keluwesan, keindahan, kecantikan, rahim untuk melahirkan, mengurusi hal-hal yang kadang dianggap sepele.. hingga ketika kau tidak mengerti hal-hal itu, dialah yang akan menyelesaikan bagiannya... sehingga tanpa kau sadari ketika menjalankan sisa hidupmu... kau menjadi lebih kuat karena kehadirannya di sisimu.

Jika ada makhluk yang sangat bertolak belakang, kontras dengan lelaki, itulah perempuan. Jika ada makhluk yang sanggup menaklukkan hati hanya dengan sebuah senyuman, itulah perempuan.

Ia tidak butuh argumentasi hebat dari seorang laki-laki... tetapi ia butuh jaminan rasa aman darinya karena ia ada untuk dilindungi.... tidak hanya secara fisik tetapi juga emosi. Ia tidak tertarik kepada fakta-fakta yang akurat, bahasa yang teliti dan logis yang bisa disampaikan secara detail dari seorang laki-laki, tetapi yang ia butuhkan adalah perhatiannya... kata-kata yang lembut... ungkapan-ungkapan sayang yang sepele... namun baginya sangat berarti... membuatnya aman di dekatmu....

Batu yang keras dapat terkikis habis oleh air yang luwes, sifat laki-laki yang keras ternetralisir oleh kelembutan perempuan. Rumput yang lembut tidak mudah tumbang oleh badai dibandingkan dengan pohon yang besar dan rindang... seperti juga di dalam kelembutannya di situlah terletak kekuatan dan ketahanan yang membuatnya bisa bertahan dalam situasi apapun.

Ia lembut bukan untuk diinjak, rumput yang lembut akan dinaungi oleh pohon yang kokoh dan rindang. Jika lelaki berpikir tentang perasaan perempuan, itu sepersekian dari hidupnya.... tetapi jika perempuan berpikir tentang perasaan lelaki, itu akan menyita seluruh hidupnya...

Karena perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki- laki, karena perempuan adalah bagian dari laki-laki... apa yang menjadi bagian dari hidupnya, akan menjadi bagian dari hidupmu. Keluarganya akan menjadi keluarga barumu, keluargamu pun akan menjadi keluarganya juga. Sekalipun ia jauh dari keluarganya, namun ikatan emosi kepada keluarganya tetap ada karena ia lahir dan dibesarkan di sana .... karena mereka, ia menjadi seperti sekarang ini. Perasaannya terhadap keluarganya, akan menjadi bagian dari perasaanmu juga... karena kau dan dia adalah satu.... dia adalah dirimu yang tak ada sebelumnya.

Sebagai makhluk yang dibekali dengan berbagai kelebihan jika dibandingan denagn makhluk lain, sudah sepatutnya manusia mensyukuri anugrah tersebut dengan berbagai cara, diantaranya dengan memaksimalkan semua potensi yang ada pada diri kita. Kita juga dituntut untuk terus mengembangkan potensi tersebut dalam rangka mewujudkan tugas dan tanggung jawab manusia sebagai makhluk dan khalifah di bumi.

pesaweat meledak di batam

Kamis, 04 November 2010

Kamis 4 November 2010, sekitar pukul 9.00 WIB. Sebuah pesawat meledak di langit Batam, Serpihan pesawat yang meledak berceceran di sekitar Simpang kara, Legenda, Kecamatan Batam Kota.
Pesawat itu diduga pesawat komersil, namun belum diketahui dari maskapai mana. Serpihan logam badan pesawat terlempar ke Batam Center.

Seperti yang di terangkan dibawah ini :
Humas Bandara Hang Nadim Batam, Hendrawan meyakini bahwa benda yang berjatuhan dari langit merupakan logam yang diduga kuat menyerupai kerangka pesawat. Ukuran dari pecahnya pesawat berkisar 10x10 meter.
Demikian disampaikan Hendrawan dalam perbincangannya dengan salah satu televisi swasta di Jakarta, Kamis (4/11). "Memang betul ada serpihan pesawat. Tower Bandara Hang Nadim Batam belum dapat informasi terkait ledakan pesawat. Belum bisa dipastikan serpihan pesawat atau benda lain. Serpihan mirip logam, radiator dan serpihan baja," tuturnya.
Diduga pesawat tersebut tujuan Singapura. Dan diduga kuat pesawat tersebut merupakan maskapai asing Qantas. Lokasi jatuhnya pesawat di Batam Center, sekitar 9 atau 10 kilometer dari bandara. Lokasi Batam center di Batam ada di beberapa tempat. Namun, lokasi jatuhnya pesawat berada di kawasan industri tersebut.
Ledakan terjadi sekitar pukul 09.16 WIB. Para saksi mata di lokasi mengungkapkan bahwa pesawat tersebut ketika melintas di udara, mengeluarkan asap. Dan tidak berapa lama, pesawat yang berukuran besar tersebut meledak seketika. Serpihan badan pesawat pun berjatuhan dari langit dan berserakan.


Sumber :  http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/11/04/144498-bandara-hang-nadim-batam-benarkan-pesawat-meledak

SMK bisa bikin mobil

Rabu, 03 November 2010

siapa sangka kalau ternyata sekolah smk bisa bikin mobil sendiri!!!
simak berita selengkapnya dibawah ini :

Jakarta (ANTARA News) - Bukan mustahil jika lima tahun ke depan bakal berseliweran mobil merek "Esemka" di jalan-jalan raya di Indonesia. Merek itu bahkan bukan hanya untuk satu jenis, melainkan juga untuk SUV, minibus, sedan dan truk mini.

Upaya co-branding siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan perusahaan otomatif membuahkan hasil. SMK-SMK Indonesia, khususnya SMK otomotif, kini sudah mahir merakit karoseri kendaraan roda.

Ssiwa-siswa SMK itu pun diyakini bakal menjadi penerus kelahiran mobil nasional.

Salah satu SMK yang berperan merakit kendaraan roda empat adalah SMK Negeri 1 Singosari, Malang.

Sekolah itu memiliki keunggulan di bidang otomotif karena program keahlian di sana membuat siswa menjadi tenaga terampil di bidang perbaikan dan perawatan otomotif serta penguasaan teknologi mekanik, kata Direktur SMK Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Joko Sutrisno .

"Karoseri mobil buatan siswa SMK ini sudah semakin halus seperti produk mobil buatan Jepang. Mesinnya pun sudah enak terdengar. Sehingga layak untuk dipakai buat aktivitas harian," tambah Joko.

Teknologi mekanik yang dikembangkan SMKN 1 Singosari meliputi perbaikan motor bakar, kelistrikan, dan sasis kendaraan. Siswa dibekali kemampuan dasar kelistrikan, pengelasan, perbaikan dan penyusunan ulang.

Dengan kemampuan seperti iyu, Joko berharap SMK dilibatkan dalam pengembangan industri manufaktur Indonesia.

"Industri manufaktur seperti otomotif akan tumbuh dan bisa diawali oleh peran SMK," ujarnya.

Untuk mendukung langkah itu, beberapa SMK sedang mengupayakan co-branding dengan perusahaan otomotif, dua diantaranya adalah SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang.

"SMK otomotif kini sudah bisa merakit karoseri kendaraan roda empat," ungkap Joko.

Hasil karya anak bangsa itu akan ditawarkan kepada industri otomotif dalam negeri untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

"Industri otomotif dalam negeri yang akan membuat dan memasarkannya," katanya.

Zhangaro

Mobil rakitan karya siswa SMK untuk pertama kali dipamerkan di ajang LKS pada 2009, antara lain mobil jenis pikap yang diberi nama Zhangaro.

Mobil bermesin 1.500 cc itu dirakit sekelompok pelajar kelas XI jurusan otomotif SMK Negeri 10 Malang, Jawa Timur.

"Nama Zhangaro diambil supaya terdengar serem," kata konsultan PT Nasional Motor Muhammad Wahidin.

PT National Motor adalah konsultan pelaksana yang mengawasi kegiatan dan memberikan dukungan finansial untuk produksi otomotif SMK ini.

Siapa menduga pikap itu hasil karya siswa SMK, karena tampilannya tidak berbeda dengan mobil produksi Jepang atau negara produsen kendaraan roda empat terkenal lainnya.

Muhammad Wahidin, yang juga pengawas sekaligus pembina proyek pembuatan mobil, menuturkan, proses produksi kendaraan roda empat itu membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Proses produksi tahap awal mulai dari pembuatan rangka atau sasis yang berfungsi sebagai struktur dasar untuk menahan beban secara keseluruhan pada kendaraan roda empat itu.

Wahidin mengungkapkan, pembuatan sasisnya merupakan modifikasi gabungan antara buatan sendiri dan jenis kendaraan "Mitsubishi" jenis T10 SS, agar bisa meniru dan daya tahannya tidak terlalu jauh dengan mobil buatan Jepang.

Proses selanjutnya adalah pembuatan badan, yang juga mengombinasikan tipe kendaraan yang sudah ada dengan buatan sendiri.

Namun, khusus untuk badan bagian belakang, mereka merancang sendiri mulai dari rancangan, dempul, ketok, hingga pengecatan dan perakitan pada bagian mesin, serta proses penyelesaian.

Kendaraan yang diberi nama karoseri "Esemka", dari bunyi singkatan SMK, pada beberapa suku cadang mesin bagian dalam menggunakan produk luar negeri karena belum diproduksi di Indonesia.

Biaya pembuatan Zhangaro menghabiskan dana sekitar Rp 170 juta. Nilai itu tergolong tinggi, karena masih dalam tahap percobaan dan beberapa komponennya harus didatangkan dari luar negeri.

Namun, kata Wahidin, kendaraan itu ditargetkan bisa dihargai Rp60 juta - Rp70 juta per unit, karena pertimbangan efisiensi bahan pembuatan.

Selain SMKN 10 Malang, dua sekolah lain, yakni SMKN 6 Malang dan SMKN I Malang juga berhasil memproduksi mobilnya sendiri, yaitu minibus van bernama Rosa Van dan Digdaya 1.5. Proses pembuatannya mirip dengan Zhangaro.

"Program jangka panjangnya semoga pemerintah memberikan perhatian bagi siswa SMK yang berprestasi agar mampu menciptakan produksi mobil nasional," kata Wahidin.


Sumber  :  http://www.antaranews.com/berita/1273625119/smk-bisa-bikin-mobil

kumpulan kata / sms cinta dan Valentine

14 februari adalah hari kasih sayang (kata orang sih) dan perlu dirayain bersama orang - orang yang kita sayang. 
Untuk pelengkapnya harus pakai kata yg romantis dong,atau sekedar ucapan selamat. 
seperti di bawah ini :  (semoga dapat membantu)

kamu tahu coklat itu manis
kamu tahu bunga itu indah
tapi kamu tahu bahwa kamu itu lebih manis dan indah
met valentine say...

Malam ini memang indah
malam ini juga begitu sempurna
tapi malam ini terasa kosong
tanpa kehadiran mu

Orang bilang bulan itu indah…tapi aku bilang tidak.
Orang bilang planet venus itu cantik…tapi menurut aku tidak.
Aku bilang bumi itu indah dan cantik…karena ada kamu bumi.

Kata siapa tuhan tidak adil
Kata siapa tuhan tidak ada
mereka itu semua bohong
buktinya tuhan menciptakanmu

mpok titin pandai bergoyang
selamat valentin sayang

Aku suka cara kamu membuatku jadi jatuh cinta
Salah tingkah ku jadinya, semua yang ada padamu,
mampu bangkitkan hayalku
met valentine days

waktu bergulir lambat
merantai langkah perjalanan kita
berjuta cerita terukir dalam asmara kita
met valentine sayang i luv u

Yang aku mau hanya dirimu
Kau seorang Yang mau jadi milikku
untuk menemani malam kasih sayang ini
i luv u beb..


Dan ini update-nya. Silakan dilihat...
  1. Bersamamu, setiap hari adalah Valentine.
  2. Aku tahu SMS ini tidak cukup untuk menyampaikan rasa sayangku
    padamu.
  3. Setelah semua yang kau berikan, rasanya terlalu pelit jika hari ini
    aku tidak mengucapkan kata cinta padamu. Selamat hari Valentine.
  4. Bersiaplah, hari ini aku akan menyatakan cinta padamu. (Tolong
    dirahasiakan sebelum aku benar-benar menyatakannya).
  5. Hari ini aku diomelin bos, dikomplain klien, macet di jalan,
    komputer hang. Semuanya tidak membuatku lupa menyatakan cinta padamu.
    Selamat hari Valentine.
  6. Jika aku seorang menteri, aku akan memgumumkan rasa sayangku padamu
    di sidang kabinet.
  7. Cintaku padamu seperti harga BBM dan tarif listrik, setiap saat
    selalu meningkat.
  8. Maaf, hari ini hanya satu SMS untukmu. Selamat hari Valentine.
  9. Selamat Valentine. Terima kasih pada ibumu yang telah melahirkan
    kamu.
  10. Kukirimkan rasa sayangku padamu, bersama 14 digit voucher Simpati
    bernomor 1234567890123. Selamat hari Valentine.
  11. Di mejaku ada sebuah pena, seperangkat komputer, setumpuk berkas,
    secarik memo, dan secangkir kopi pahit. Di dalam laci ada sekantong cinta, akan kubawa pulang untukmu.
  12. Jika cintamu dapat dibeli, aku akan membayarnya dengan kartu kredit.
    Namun kau tidak menjual cinta, tapi menggratiskannya untukku. Terima kasih.
  13. Walaupun pulsaku tinggal sedikit, aku akan tetap mengirim SMS cinta
    untukmu. Selamat hari Valentine.
  14. Tuhan memberikan rasa cinta dalam diriku, dan aku memberikannya
    padamu. Please, jangan diberikan lagi pada orang lain.
  15. Kadang aku jenuh dengan hubungan kita. Tetapi aku tidak pernah jenuh
    mencintaimu.
  16. Hari ini, setiap satu jam sekali aku kirimkan SMS cinta untukmu.
  17. Hari ini aku mencintaimu. Jika besok aku lupa, tolong ingatkan aku
    dengan cintamu.
  18. Pikirkanlah sebelum mengambil keputusan. Tetapi untuk mencintaiku,
    jangan berpikir terlalu panjang.
  19. Bersama SMS ini, kami sampaikan rasa sayang yang tulus. Demikianlah
    SMS ini disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Selamat hari Valentine.
  20. Kata cinta terdengar norak bagi mereka yang tidak merasakannya. Aku
    tidak norak untuk menyampaikannya padamu.
  21. Terima kasih, kamu telah mengajariku menjadi lelaki yang kodratnya
    mencintai seorang wanita.
  22. Jangan ucapkan kata cinta untukku. Aku sudah tahu, sebab akupun
    mencintaimu.
  23. Aku kirim SMS cinta ini untukmu. Mohon jangan dibalas. Aku takut
    kamu menjawab sebaliknya.
  24. SMS ini tidak cukup mengungkapkan rasa cintaku padamu, meski
    biayanya cukup murah dan praktis.
  25. Jika cinta adalah batu, aku akan menimpukmu berkali-kali sampai
    benjol.
  26. Kuharap batu hatimu terkikis kutetesi kasih setiap pagi. Selamat
    hari valentine.
  27. Cinta yang mengebu lebih banyak bohongnya. Aku mencintaimu dengan
    biasa saja. Seperti Matador dengan Bantengnya.
  28. Aku sungguh mencintaimu. Selamat hari Valentine. Teruskan SMS ini
    kepada rekan anda yang lain. Selamat berjuang.
  29. Kamu memang bukan segalanya, tetapi cukup berarti. Selamat hari
    Valentine.
  30. Apakah kasih sayang perlu diucapkan? Tidak perlu. Makanya aku kirim
    SMS ini padamu, hingga tidak perlu mengucapkannya. Met Valentine yach….;)

sumber : http://www.ardi33.web.id/2010/01/

langkah - langkah sistem tune-Up pada kendaraan bensin

Selasa, 02 November 2010

Tune-Up adalah salah atu perawatan pada kendaraan, agar kendaraan selalu dalam keadaan stabil berikut langkah - langkah mengenai Tune-Up pada kendaraan Bensin



1. Pasang perlengkapan servis kendaraan
  • Fender cover
  • Grill cover
  • Steering cover
  • Floor cover
  • Seat cover
2. Siapkan peralatan kerja
  • Tool set
  • Alat ukur, meliputi : Tune-up tester, Multimeter, Radiator Tester, Radiator cup tester, Spring scale, kunci momen (torque wrench), hidrometer, feeler gauge dan mistar baja.
  • Perlengkapan servis lain, meliputi : kompresor, air gun dan kain lap bersih.
3. Pekerjaan saat mesin dingin, meliputi pemeriksaan :
  • minyak pelumas
  • sistem pendingin
  • tali kipas
  • filter bensin
  • filter udara
  • sistem pengapian
4. Pekerjaan saat mesin hidup, meliputi pemeriksaan :
  • dwell angle
  • Putaran idle
  • saat pengapian
5. Pekerjaan setelah mesin dipanaskan, meliputi :
  • celap katup
  • kerja karburator
  • stel putaran idle
  • kompresi
  • tes jalan
MINYAK PELUMAS
  1. Tarik batang pengukur, lap ujungnya, dan kembali masukkan.
  2. Tarik kembali dan periksa volume oli (diantara Full dan Low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekatan oli.
  3. Lihat perubahan warna pada oli mesin
SISTEM PENDINGIN
  1. periksa slang radiator
  2. periksa klem
  3. periksa kebocoran sirip-sirip
  4. periksa kran penguras
  5. Tes kebocoran sistem pendingin (menggunakan radiator tester beri tekanan sampai 1,2 Kg/Cm2)
  6. Pemeriksaan tutup radiator (menggunakan radiator cup tester beri tekanan 0,6 - 1,2 Kg/Cm2)
  7. Periksa kualitas dan kapasitas air pendingin
  8. Periksa volume tangki cadangan
  9. Periksa tali kipas : secara visual periksa dari kemungkinan retak/aus
  10. Saat mengembalikan tali kipas berilah tekanan 10 Kg dan defleksi tali kipas : 7 - 11 mm (untuk pompa air - alternator) 11 - 14 (untuk engkol - kompresor)
  11. Periksa suara bearing, pompa abnormal
  12. Sirkulasi air pendingin (dilakukan saat mesin panas dan hidup)
SARINGAN BAHAN BAKAR
  1. lepas filter bahan bakar
  2. Perhatikan saluran masuk dan buangnya
  3. Semprotkan udara bertekanan rendah
  4. Urutan penyemprotan : saluran buang - saluran masuk, saluran masuk - saluran buang, saluran buang - saluran masuk.
  5. Tiup ( dengan mulut ) dari saluran masuk dan buangnya. Apabila ringan : berarti bersih, apabila berat harus diganti.
SARINGAN UDARA (Air filter)
  1. Lepas klip
  2. Periksa secara visual elemen saringan udara
  3. Semprot elemen saringan udara dengan urutan : dari dalam - keluar, dari luar - ke dalam, dari dalam - keluar.
  4. Lap rumah saringan udara.
  5. Pasang, perhatikan tanda panah yang ada pada tutup rumah saringan.
BATERAI
  1. Lepas pole baterai (terminal (-) terlebih dahulu.
  2. Angkat baterai (posisikan tangan dibawah kotak baterai)
  3. Periksa kotak, dari kemungkinan retak, menggelembung.
  4. Periksa volume elektrolit
  5. Periksa lubang penguapan pada tutup, semprot dengan udara bertekanan dari kompresor
  6. Periksa berat jenis elektrolit, dengan menggunakan hidrometer (kondisi baik bila pada skala diantara 1,25 - 1,27)
  7. Periksa kondisi dari pole/terminal
  8. Periksa tegangan dengan menggunakan Voltmeter
KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN
A. Busi, periksa :
  1. Insulator
  2. Ulir busi
  3. Keausan elektroda
  4. Gasket Busi
  5. Kondisi elektroda busi
  6. Celah busi
B. Kabel busi, dengan ohmmeter periksa resistance dari kabel (kondisi baik bila kurang dari 25 KΩ.

C. Distributor
  1. bersihkan tutup distributor dengan lap bersih
  2. Periksa secara visual, dari kemungkinan retak, aus
  3. Bersihkan terminal dalam
  4. Periksa panjang brush
  5. Rotor, bersihkan dengan kain lap
  6. Platina, periksa, bersihkan dan stel
  7. Governor advancer, putar rotor (kondisi baik bila rotor segera kembali ke tempat semula)
  8. Vacuum advancer (kondisi baik bila diisap ......... dudukan platina bergerak)
  9. Octan selector (posisikan Std/ tengah)
IGNITION COIL
  1. Periksa tahanan primer koil (1,3 - 1,6 Ω)
  2. Periksa tahanan sekunder koil (10,7 - 14,5 KΩ)
  3. Periksa resistor koil (1,5 - 1,9 Ω)
KEKERASAN BAUT KEPALA SILINDER
Pengencangan dengan kunci moment dimulai dari tengah kemudian keluar, seperti prinsip obat nyamuk bakar.

DATA TUNE-UP SAAT MESIN HIDUP

  1. DWELL ANGLE : 520 ± 60
  2. Saat pengapian ( kijang 5 K = 50 sebelum TMA )
  3. Putaran idle ± 750 rpm


Sumber  :  http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1895222-tune-motor-bensin/

mengenal,memelihara dan memeriksa sistem pengapian pada kendaraan bensin

sitem pengapian adalah komponen yang penting pada kendaraan bermotor (mobil/motor), karena pengapian merupakan nyawa dari kendaraan tersebut.  agar sistem pengapian pada motorkita tetap dalam kondisi optimal, kita harus merawatnya.
saya mencoba menerangkan beberapa hal yang sering terjadi  pada sistem pengapian



Pada mobil lama dimana masih menggunakan karburator dan platina (contact point) dijumpai banyak gangguan, api tidak ada atau bensin tidak lancer. Hal serupa ini jarang dijumpai pada mobil EFI, tanpa karburator.
Bagi pemilik mobil lama berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1. Usahakan pul aki selalu bersih, kalau nambah air aki jangan terlalu penuh. Kalau terlalu penuh nantinya menguap dan akan membuat korosi dan oksidasi disekitar aki. Merusak plat yang di bagian bawa aki. Perhatikan sering kali klem aki tidak mengancing keras, maka hal itu akan menyebabkan aliran aki tidak lancar.
2. Kunci kontak yang sudah lama (ST-IG) biasanya bagian dalam sudah aus, maka kalau mogok, periksa pula apakah arus aki ada di ST atau IG. Pemeriksaan bisa menggunakan test pen yang dalamnya sudah diganti bolb 12 V. Ada juga yang menjual test pen untuk mobil, 12 V.
3. Resistor, masih dipakai pada mobil yang lama sekali, yang agak baru seperti tahun 90 han, resistor sudah berada di dalam koil. Tapi yang ada diluar, sering kali nikelin yang ada didalamnya putus atau rusak. Kalau arus tidak bisa lewat artinya ada yang putus, bisa sementara pakai kabel dan disambung langsung. Nantinya beli baru.
4. Pada permukaan koil ada dua baut, bagian ini umumnya ada penutup tapi biisa jadi sudah rusak atau hilang. Perhatikan ujung kabel jangan dekat sala plat pembungkus koil, atau kalau cuci ada air harus dikeringkan. Kalau tidak waktu star terjadi arus pendek. Sehingga arus tidak mencapai distributor.
5. Di dalam distributor ada platina, permukaanya biasanya kotor. Kalau bersihkan pakai amplas halus, setelah itu gunakan kain untuk membersihkan kedua permukaaanya.
6. Tutup distributor, kalau sudah lama bisa buat masalah, setelah kenal air. Arus tegangan tinggi yang berada didalamnya akan tidak beraturan sehingga mesin tidak mau hidup. Kondisi mendesak bisa ambil dan kemudian panasin pakai lilin beberapa saat. Diharapkan dengan cara itu tutup tersebut menjadi kering.
7. Rotor yang berputar di dalam distriutor juga bisa rusak, bisa di test. Pegang kabel busi yang keluar dari koil, dekatkan ke rotor lalu mesin di start. Mestinya tidak ada loncatan bunga api.
8. Kalau ganti platina ganti sekalian dengan kondensatornya.
9. Busi, ada usia pakainya.Agar mesin iirit ganti setiap 20- 30.000km. Dalam keadaan darurat terjadi busi rusak, karena pecah bagian dalamnya. Bersihkan dan pakai sementara.

tentang otomotif

pendidikan di dunia otomotif saat ini sudah banyak di ajarkan di berbagai lembaga-lembaga atau yayasan serta pusat kursus sekalipun. Otomotif dipandang sebagai salah teknologi yang mendongkrak kaum baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua sebagai kebutuhan yang di anggap sebagai kebutuhan pokok.
Otomotif khususnya sebagai alat transportasi merupakan penunjang sarana dan prasarana yang diperlukan dalam melakukan kegiatan. Alat transportasi tersebut dikategorikan sebagai contoh salah satu bidang otomotif.
Otomotif baik yang menggunakan sistem pembakaran dalam maupun sistem pembakaran luar tentunya ada kendala-kendala yang bisa disebabkan karena umur pemakaian, pemakaian tanpa memperhatikan cara penggunaan dan lain sebagainya.
Oleh sebab itulah rasa keingintahuan individu di bidang otomotif sangat besar. Bagaimana mereka memecahkan masalah-masalah yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Rasa penasaran mungkin lebih tepat dikatakan sebagai pemicu untuk menggebrak dunia otomotif.
Sejauh ini banyak yang menjadikan otomotif sebagai skill individu, hobby bahkan penghasilan.
Pandangan kedepan mengenai otomotif mempunyai prospek yang bagus. Oleh sebab itulah harus diimbangi dengan pendidikan otomotif yang baik pula, baik dari segi lembaga pendidikan, pusat kursus, yayasan pendidikan, maupun tenaga pendidiknya.
Harapannya adalah agar generasi berikutnya terus mengembangkan teknologi yang sudah ada dan terus menciptakan penemuan-penemuan baru.

otomotif