jadwal

pemeriksaan motor stater

Minggu, 05 Desember 2010

Pemeriksaan MOTOR STARTER Kendaraan

Motor starter merupakan bagian yang sangat penting dari kendaraan, jika terjadi kerusakan kita akan dibuat kerepotan olehnya. Agar kita tahu letak kerusakan juga nggak dikibulin oleh bengkel "nakal" maka perlu sekali kita tau cara pemeriksaan motor starter. Dari berbagai "artikel" kendaraan yang saya pelajari dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan motor starter meliputi :
1. Pemeriksaan Komutator, meliputi :
    a. Pemeriksaan kebersihan dari komutator, jika kotor bersihkan dengan amplas ukuran # 400
    b. Run Out, jika keolengan melebihi 0,05 mm ratakan dengan mesin bubut
    c. Kedalaman alur, jika kedalaman alur kurang dari 0,2 mm perbaiki dengan mata gergaji

2. Armature coil, meliputi :
    a. Kontinuitas kumparan, kondisi baik bila ada kontinuitas antar ujung kumparan
    b. Ground test, kondisi baik bila tidak ada kontinuitas

3. Field coil, meliputi :
    a. Periksa kontinuitas srikuit field coil, kondisi baik bila ada kontinuitas antar ujung kumparan
    b. Ground test, baik bila tidak ada kontinuitas

4. Sikat, meliputi :    bila panjang sikat kurang dari 8,0 mm maka sikat harus diganti

5. Pemegang sikat,   pastikan pemegang sikat (+) dengan (-) tidak ada kontinuitas

6. Magnetic switch
    a. Kembalinya plunyer, periksa kondisi baik bila plunyer ditekan segera kembali
    b. Pull in coil test, periksa hubungan antara terminal 50 dengan C.kondisi baik bila ada kontinuitas.
    c. Hold in coil test, periksa hubungan antara terminal 50 dan body. jika ada kontinuitas berarti Baik.

7. Pemeriksaan Tanpa beban
jika pemeriksaan awal dari 1 sampai 6 telah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji tanpa beban. maksudnya disini adalah pemeriksaan motor starter tanpa dipasang pada kendaraan. adapun pemeriksaan ini dilakukan dengan :

a. menghubungan terminal negatif baterai dengan body motor starter
b. Menghubungkan terminal positif baterai dengan terminal 30 motor starter (biasanya baut terminal 30
    lebih     panjang dibanding dengan baut terminal C)
c. Sebagai gantinya kunci kontak maka hubungkan terminal 30 dengan terminal 50.
d. Ketika terminal 30 dihubungkan dengan terminal 50 maka pada plunyer akan terlempar dilanjutkan dengan
    berputar.
Apabila kondisi ini kita jumpai pada saat pemeriksaan akhir motor starter maka dapat disimpulkan motor starter dalam kondisi baik.


Kerusakan Starter Motor dan Solusinya :

  1.  Jika Motor Starter tidak bertenaga ( ngek..ngek.), penyebab yang paling sering adalah arus yang mengalir ke motor starter kecil sehingga tidak kuat memutar motor starter, solusinya periksa kabel atau terminal aki ke starter atau kebalikannya, bisa juga karena arus aki udah lemah, periksa tegangan aki.
  2.  Motor starter bersuara , penyebab paling umum adalah roda gigi kecil ( bendix) pada motor starter yang memutar flywheel pada mesin distart udah aus atau rusak, solusi ganti bendix dengan yang baru.
  3.  Jika Motor Starter tidak mau distart ( bunyi tek..tek..), penyebab paling umun adalah arus switch (solenoid) starter yang sudah lemah, dan bisa juga dari strum kunci kontak yang sudah lemah arusnya, bisa ditambah relay untuk memperbesar arusnya.

0 komentar:

Posting Komentar


otomotif